Selasa, 29 Mei 2012

RPP Kalam "Warna"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran             : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan        : MI
Kelas/Semester            : IV/2
Alokasi Waktu             : 2x35 menit
Kemahiran                   : Berbicara

Standar Kompetensi
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang warna
Kompetensi Dasar
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
Indikator
1.      Siswa dapat menyimak, melihat dan menirukan kosa kata
2.      Siswa dapat menyimak dan menyebutkan jenis warna
3.      Siswa dapat menyebutkan dan menanyakan jenis warna

Materi Pembelajaran
Kosakata dan Tanya jawab tentang warna
مذكر
مؤنث
أبيض
أسود
أخضر
أزرق
أحمر
أرمد
أصفر
بنفسجي
برتقالي
بيضاء
سوداء
خضراء
زرقاء
حمراء
رمادية
صفراء
بنفسجية
برتقالية


الجير أو الجص أبيض               ذلك الحبر أرزق
للأستاذ حبر أحمر                  في الفصل مكتب أسمر
العشب أحضر                     والذهب أصفر
ما لون القرطاس؟                  لون القرطاس أبيض
ما لون هذا القلم؟                 ذلك القلم أسود
هل لون الليمون أخضر؟           نعم، هو أخضر
Metode dan Sarana Pembelajaran
1.      Drill
2.      Sam’iyah Syafawiyyah
3.      Tanya jawab
4.      Permainan
5.      Ceramah
6.      Penugasan

Langkah-langkah Pembelajaran

No
Deskripsi
Metode
Alokasi Waktu
A
Kegiatan Awal
1.      Guru mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Guru dan siswa bertanya jawab tentang warna
4.      Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
5.      Guru menerangkan langkah-langkah pembelajaran

Tanya jawab


Ceramah
10 menit
B
Kegiatan Inti
a.       Guru memperlihatkan macam-macam warna melalui kartu warna
b.      Guru mengedrilkan kosa kata dengan kartu warna
c.       Siswa menirukan ujaran guru
d.      Guru membagi kelas menjadi 2 kelompok
e.       Guru menyiapkan peralatan berupa tas, pensil, penggaris, buku, kertas, dan lain-lain yang berbeda warnanya
f.       Guru menentukan ketua kelompok
g.      Guru memberikan kesempatan kepada kelompok A untuk melontarkan pertanyaan seputar warna dengan media yang telah disediakan
h.      Kelompok B menjawab pertanyaan dari kelompok A
i.        Setelah pertanyaan terlontar semua, selanjutnya kelompok B ganti melontarkan pertanyaan dan kelompok A yang menjawab.
j.        Pemenang adalah yang kelompok yang tepat dalam menjawab pertanyaan yang diajukan kelompok lawan.

Sam’iyah Syafawiyah
Drill

Tanya jawab




Permainan
















50 menit
C
Kegiatan Penutup
1.      Siswa dan guru menyimpulkan isi pembelajaran
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi tentang hal-hal yang menarik dan menyulitkan siswa dalam pembelajaran
3.      Siswa diberi tugas untuk materi yang akan datang

Tanya jawab





Penugasan
10 menit

Sumber Pembelajaran
1.      Buku panduan bahasa Arab (Durusul Lughah al-‘arabiyah jilid 1)
2.      Kartu warna dan peralatan permainan
3.      Permainan tebak aku

Teknik Penilaian
a.       Jenis tes          : Tugas Individu dan Kelompok
b.      Bentuk tes       : lisan dan peragaan
c.       Materi tes       :
tes lisan tentang :
-          Pengucapan/ pelafalan mufradat dan teks percakapan tentang الألوان.
-          Gagasan sederhana yang terdapat dalam teks percakapan الألوان.
peragaan :
-          Mendemonstrasikan percakapan tentang الألوان
-          Mengungkapkan gagasan sederhana dengan bahasa lisan sederhana yang terdapat dalam percakapan tentang الألوان.
d.      Prosedur         : Saat kegiatan berlangsung dengan pengamatan dan ketika materi telah diajarkan dengan permainan ataupun penugasan
·         Ranah Afekif
Nama Siswa
Aspek Sikap
Skala Penilaian       (1-5)
Keterangan
A

Keaktifan dalam dialog,
Antusiasme siswa,
Kerjasama dalam pasangan minat belajar.


B
Keaktifan dalam dialog,
Antusiasme siswa,
Kerjasama dalam pasangan minat belajar.


Keaktifan dalam dialog,
Antusiasme siswa,
Kerjasama dalam pasangan minat belajar.



Ket :
1=sangat kurang
2=kurang
3=cukup
4=baik
5=baik sekali

·         Ranah Kognitif dan Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai mak.
nilai
1

Ketepatan berbicara
Pelafalan
Pilihan kosa kata
Penampilan/penghayatan
Tata bahasa
25
15
15
20
25

Jumlah
100


Malang, 09 Mei 2012
Mengetahui,    
       Kepala Sekolah                                                                Guru Bidang Studi                                                     `           

                                                                                                Hermi Ismawati, S.S, M.Pd
       NIP.                                                                                 NIP. 11720030



Contoh kartu warna:
أسود
أزرق
بنفسجي
أحمر
أسمر
أحمر زاه
أصفر
برتقالي
أخضر
أرمد
أبيض
 










Bahan permainan
ما لون هذه الحقيبة؟                  ما لون هذه المقلمة؟

هل لون المرسمة صفراء؟  هل هذه الكراسة بنفسجية؟     

ما لون المرسمة؟           هل الطلاسة رمادية؟

أ تلك المرسمة بيضاء؟

Tidak ada komentar:

Posting Komentar