RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : MI
Kelas/Semester : IV/2
Alokasi Waktu : 2x35 menit
Kemahiran :
Berbicara
Standar Kompetensi
Mengungkapkan informasi secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang warna
Kompetensi Dasar
Menyampaikan informasi secara lisan
dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang
mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
Indikator
1.
Siswa
dapat menyimak, melihat dan menirukan kosa kata
2.
Siswa
dapat menyimak dan menyebutkan jenis warna
3.
Siswa
dapat menyebutkan dan menanyakan jenis warna
Materi Pembelajaran
Kosakata
dan Tanya jawab tentang warna
مذكر
|
مؤنث
|
أبيض
أسود
أخضر
أزرق
أحمر
أرمد
أصفر
بنفسجي
برتقالي
|
بيضاء
سوداء
خضراء
زرقاء
حمراء
رمادية
صفراء
بنفسجية
برتقالية
|
الجير أو الجص أبيض ذلك الحبر أرزق
للأستاذ حبر أحمر في
الفصل مكتب أسمر
العشب أحضر والذهب
أصفر
ما لون القرطاس؟ لون
القرطاس أبيض
ما لون هذا القلم؟ ذلك
القلم أسود
هل لون الليمون أخضر؟ نعم،
هو أخضر
Metode
dan Sarana Pembelajaran
1.
Drill
2.
Sam’iyah
Syafawiyyah
3.
Tanya
jawab
4.
Permainan
5.
Ceramah
6.
Penugasan
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Deskripsi
|
Metode
|
Alokasi Waktu
|
A
|
Kegiatan Awal
1.
Guru
mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa
2.
Guru
mengecek kehadiran siswa
3.
Guru dan
siswa bertanya jawab tentang warna
4.
Guru
menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
5.
Guru
menerangkan langkah-langkah pembelajaran
|
Tanya jawab
Ceramah
|
10 menit
|
B
|
Kegiatan Inti
a.
Guru
memperlihatkan macam-macam warna melalui kartu warna
b.
Guru
mengedrilkan kosa kata dengan kartu warna
c.
Siswa
menirukan ujaran guru
d.
Guru
membagi kelas menjadi 2 kelompok
e.
Guru menyiapkan peralatan berupa tas, pensil, penggaris,
buku, kertas, dan lain-lain yang berbeda warnanya
f.
Guru
menentukan ketua kelompok
g.
Guru
memberikan kesempatan kepada kelompok A untuk melontarkan pertanyaan seputar
warna dengan media yang telah disediakan
h.
Kelompok
B menjawab pertanyaan dari kelompok A
i.
Setelah
pertanyaan terlontar semua, selanjutnya kelompok B ganti melontarkan
pertanyaan dan kelompok A yang menjawab.
j.
Pemenang
adalah yang kelompok yang tepat dalam menjawab pertanyaan yang diajukan
kelompok lawan.
|
Sam’iyah
Syafawiyah
Drill
Tanya jawab
Permainan
|
50 menit
|
C
|
Kegiatan Penutup
1.
Siswa
dan guru menyimpulkan isi pembelajaran
2.
Siswa
dan guru melakukan refleksi tentang hal-hal yang menarik dan menyulitkan
siswa dalam pembelajaran
3.
Siswa diberi tugas untuk materi yang akan datang
|
Tanya jawab
Penugasan
|
10 menit
|
Sumber Pembelajaran
1.
Buku panduan bahasa Arab (Durusul
Lughah al-‘arabiyah jilid 1)
2.
Kartu
warna dan peralatan permainan
3.
Permainan
tebak aku
Teknik Penilaian
a. Jenis tes : Tugas Individu dan Kelompok
b. Bentuk tes : lisan dan peragaan
c. Materi tes :
tes
lisan tentang :
-
Pengucapan/
pelafalan mufradat dan teks percakapan tentang الألوان.
-
Gagasan
sederhana yang terdapat dalam teks percakapan الألوان.
peragaan
:
-
Mendemonstrasikan
percakapan tentang الألوان
-
Mengungkapkan
gagasan sederhana dengan bahasa lisan sederhana yang terdapat dalam percakapan
tentang الألوان.
d. Prosedur : Saat kegiatan berlangsung dengan
pengamatan dan ketika materi telah diajarkan dengan permainan ataupun penugasan
·
Ranah
Afekif
Nama
Siswa
|
Aspek Sikap
|
Skala Penilaian (1-5)
|
Keterangan
|
A
|
Keaktifan dalam dialog,
Antusiasme siswa,
Kerjasama dalam
pasangan minat belajar.
|
|
|
B
|
Keaktifan dalam
dialog,
Antusiasme
siswa,
Kerjasama dalam
pasangan minat belajar.
|
|
|
C
|
Keaktifan dalam
dialog,
Antusiasme
siswa,
Kerjasama dalam
pasangan minat belajar.
|
|
|
Ket
:
1=sangat
kurang
2=kurang
3=cukup
4=baik
5=baik
sekali
·
Ranah Kognitif dan Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai mak.
|
nilai
|
1
|
|
Ketepatan berbicara
Pelafalan
Pilihan kosa kata
Penampilan/penghayatan
Tata bahasa
|
25
15
15
20
25
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Malang,
09 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Bidang
Studi `
NIP. NIP.
11720030
Contoh kartu warna:
أسود
|
أزرق
|
بنفسجي
|
أحمر
|
أسمر
|
أحمر زاه
|
أصفر
|
برتقالي
|
أخضر
|
أرمد
|
أبيض
|
ما لون هذه الحقيبة؟ ما لون هذه المقلمة؟
أ تلك المرسمة
بيضاء؟
Tidak ada komentar:
Posting Komentar